Home

Senin, 23 Agustus 2010

Leader as a Role Model


Beberapa hari ini ada temen yang sering mengeluh tentang anak buahnya. Ada aja yang dikeluhkan mulai dari kemalasan, ketidakpekaan, kerja ‘semau gue’ dan seterusnya terkait hal-hal yang kurang baik yang melekat pada diri anak buahnya tersebut. Iseng aku tanyain: ‘emang udah kamu apakan anak buahmu? Sudah dikasih tahu & diarahkan kah?’, ‘sudah semua atuh boss.. emang dasar tuh anak’, jawabnya dengan wajah cemberut.

Nah, karena penasaran & kasihan sama temen satu ini, so, aku bikin observasi kecil-kecilan. Ternyata eh ternyata sesuai yang aku duga, ternyata sang temen ini hanya main perintah & sikapnya ‘bossy’ banget. Walah ya pantesan anak buahnya pada kayak gitu, lha wong pemimpinnya juga malas, cuek, kurang peduli, tidak mau meng-upgrade diri dst.

Ingat sobat, orang-orang yang kita pimpin adalah cermin diri kita, menjelekkan bawahan kita sama dengan menjelekkan diri kita sendiri. So, jangan menjelekkan bawahan kita pada orang lain karena sama dengan menunjukkan kejelekan diri kita sendiri pada orang lain.

Jadi ingat firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Ash-Shaff ayat 2-3: Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan”

So, be a leader as a role model ya… Bawahan kita lebih memperhatikan apa yang kita lakukan daripada apa yang kita katakan.

Finally, be a great leader sobat.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar