Home

Minggu, 17 Juni 2012

Dimanakah Posisi Bisnis Anda?




Hari yang cerah pada 10 Juni lalu memberi kesempatan pada saya untuk bisa mengikuti sebuah mini workshop & business coaching yang diselenggarakan oleh komunitas Tangan Di Atas (TDA) area Tangerang Raya. Workshop diselenggarakan di restoran Mang Kabayan, Tangerang, dengan tema ‘Jadi, Anda Ingin Menjadi Pengusaha?’. Sebagai pemateri adalah seorang entrepreneur coach sekaligus penulis buku dengan judul yang sama, Mr.  Jhony ‘Jhon’ Rusly.

Workshop terasa menyenangkan karena seakan memotret perjalanan bisnis kami, para peserta workshop, khususnya saya sebagai pemula. Sesuai temanya, workshop banyak mengupas tentang bagaimana memulai bisnis dengan segala suka-dukanya. Kalau Anda ingin tahu materi lengkapnya, silakan baca bukunya aja ya.. karena yang akan saya share  di sini adalah sisi lain yang belum tertulis dalam buku.

Sobat, menurut saya adalah penting untuk mengetahui sampai dimanakah perjalanan bisnis kita. Dengan mengetahui posisi bisnis kita, maka
akan memudahkan kita untuk membuat langkah & strategi bisnis. Btw, kalau menurut  coach Jhon Rusly, ada 3 fase dalam bisnis, yakni fase start up, growing & mature. Nah, sampai di fase manakah bisnis Anda? Mari kita diskusikan ya..
  1. Fase start up, adalah fase dimana kita memulai bisnis pertama kali. Fase ini diwarnai dengan proses memilih & mencoba bisnis baru hingga menemukan jenis bisnis yang paling pas dengan karakter pribadi kita. Pada fase ini 60% fokus kita adalah bagaimana meningkatkan omset penjualan, baru 40% sisanya untuk mengelola bahan baku & administrasi. Rata-rata para pengusaha butuh waktu 3-5 tahun untuk melewati fase ini.
  2. Fase growing, ketika omset penjualan Anda sudah stabil, profitnya cukup untuk operasional & pengembangan usaha, berarti bisnis Anda sudah mulai masuk fase ini. Sedangkan masalah yang sering muncul pada fase ini adalah pada proses membangun soliditas team, sehingga tingginya angka  turn-over SDM menjadi warna spesial fase ini.
  3. Fase mature, kalau bisnis Anda sudah masuk fase ini, maka Anda sudah mulai bisa sedikit menikmati waktu Anda karena bisnis sudah bisa berjalan tanpa sentuhan langsung Anda. Tapi jangan sampai terlena karena kalau lepas kontrol bisa jadi bisnis Anda akan mundur lagi, ngga mau kan? Jadi pada fase ini yang paling penting adalah bagaimana membuat sistem controlling yang bagus, sehingga bisnis akan tetap terkendali  & terus menghasilkan profit meskipun kita lagi keliling dunia, asyiik kan? Hhee.. J
Gimana sobat? Dimanakah posisi bisnis Anda? Selamat meraba bisnis masing-masing ya..
See you at the top :D

Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar